IDXChannel – Pemerintah terus meningkatkan sosialisasi Program Pendistribusian LPG 3 Kg Tepat Sasaran kepada agen, pangkalan, serta masyarakat luas.

Melalui upaya sosialisasi yang maksimal, diharapkan program pemberian subsidi di bidang energi tersebut dapat berjalan lancar dan tepat sasaran.

Dengan pemberian subsidi tepat sasaran, maka manfaat yang ditimbulkan di masyarakat juga diharapkan dapat lebih maksimal.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi (monev) di lapangan dan berdasarkan masukan dari berbagai pihak, perlu dilakukan peningkatan sosialisasi program ini,” ujar Koordinator Subsidi Bahan Bakar Migas, Christina Meiwati Sinaga, Rabu (17/5/2023).

Menurut Christina, masih ada sejumlah masyarakat yang belum sepenuhnya memahami tujuan dari sosialisasi Program LPG 3 Kg Tepat Sasaran.

Christina juga menjelaskan bahwa masih ada pangkalan yang mengalami kendala ketika melakukan input data secara digital.

Christina menuturkan, sesuai hasil monev ke 8 pangkalan di Kota Cirebon serta wilayah lainnya yang dilakukan Tim Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, secara umum kegiatan registrasi konsumen LPG 3 kg dengan menggunakan aplikasi telah berjalan.

Namun demikian, sosialisasi harus terus dilakukan agar seluruh pihak dapat memahami sepenuhnya tujuan kegiatan ini.

“Kita perlu meningkatkan sosialisasi karena ada beberapa pemahaman di lapangan yang masih belum pas seperti masih adanya keengganan masyarakat menyerahkan data KTP dan KK-nya sebagai syarat pendataan konsumen LPG 3 kg,” tutur Christina.

Dijelaskan Christina, data tersebut tidak akan tersimpan di HP pangkalan, melainkan tersimpan seluruhnya di database Pertamina.

Selain itu, sebagian pangkalan juga masih dalam taraf belajar meng-input data secara online sehingga harus kita sosialisasikan lagi,” tuturnya.

Pentingnya peningkatan sosialisasi juga dikemukakan Sales Area Manager Retail Cirebon PT Pertamina Patra Niaga, Rainier Axel Gultom, serta Ketua Hiswana Migas DPC Cirebon, Adhy Allamshah.

“Kita concern untuk melakukan sosialisasi lebih gencar lagi ke masyarakat, agen dan pangkalan. Masukan untuk pengembangan sistem dan sebagainya, kita kumpulkan dan akan disempurnakan. Kita perlu mengubah kebiasaan update data di pangkalan agar program digitalisasi ini berjalan lancar,” ujar Rainier.

Sementara Ketua Hiswana Migas DPC Cirebon, Adhy Allamshah, menyampaikan bahwa pihaknya akan meningkatkan sosialisasi, baik di tingkat agen maupun pangkalan.

“Tapi kami juga mohon bantuan sosialisasi kepada Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah agar masyarakat mengetahui bahwa saat ini dilakukan pendataan konsumen LPG 3 kg agar subsidi tepat sasaran,” ujar Adhy.

Sosialisasi Program Pendistribusian LPG 3 Kg Tepat Sasaran dilakukan Pemerintah, Pertamina dan pihak-pihak terkait lainnya lewat berbagai kanal. Termasuk juga dengan pemasangan poster di pangkalan-pangkalan dan agen. (TSA)

Sumber: IDXChannel